Cover Buku kasmir, S.E.,M.M
Meteri Kita - Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan materi tentang laporan keuangan, materi ini saya dapat dari sebuah buku dari karangan seorang yang sangat hebat, buku ini berjudul Alanisis Laporan Keuangan karya dari seorang Kasmir, S.E., M.M. . Didalam buku itu menjelaskan secara terperinci. dan untuk materi yang pertama yaitu tentang laporan keuangan.

Pengertian Laporan Keuangan
Dalam praktiknya laporan keuangan oleh perusahaan tidak dibuat secara serampangan, teapi harus dibuat dan disusun sesuai dengan aturan atau standar yang berlaku. Hal ini perlu dilakukan laporan keuangan mudah dibaca dan dimengerti.

Laporan keuangan yang disajikan perusahaan sangat penting bagi manajemen dan pemilik perusahaan. Di samping itu, banyak pihak yang memerlukan dan berkepentingan terhadap laporan keuangan yang dibuat perusahaan, seperti pemerintah, kreditor, investor maupun para supplier.

Bagi suatu perusahaan, penyajian laporan keuangan secara khusus merupakan salah satu tanggung jawab manajer keuangan.

Hal ini sesaui dengan fungsi manajer keuangan, seperti :

  1. Merencanakan
  2. Mencari
  3. Memanfaatkan dana-dana perusahaan
  4. Memaksimalkan nilai perusahaan.
Dengan kata lain, tugas seorang manajer keuangan adalah mencari dana dari berbagai sumber dan membuat keputusan tentang sumber dana yang harus dipilih. Disamping itu, seorang manajer keuangan juga harus mampu mengalokasikan atau menggunakan dana secara tepat dan benar.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pencapaian tujuan manajer keuangan dalam hal memaksimalkan nilai perusahaan. Tercapai tidaknya tujuan ini dapat dilihat dan diukur dari harga saham perusahaan yang bersangkutan. Jadi tugas seorang manajer keuangan memang berat karena dalam praktiknya tidak hanya memerhatikan kepentingan pemegang saham semata, tetapi juga memerhatikan berbagai kepentingan seperti, Kepentingan manajer itu sendiri, kreditor, supplier, dan pelanggan.

Dalam hal laporan keuangan, sudah merupakan kewajiban setiap perusahaan untuk membuat dan melaporkan keuangan perusahaannya pada suatu periode tertentu. Hal yang dilaporkan kemudian dianalisis sehingga dapat diketahui kondisi dan posisi perusahaan terkini. Kemudian laporan keuangan juga akan menentukan langkah apa yang dilakukan perusahaan sekarang dan kedepan, dengan melihat berbagai persoalan yang ada baik kelemaha maupun kekautan yang dimilikinya.

Dalam pengertian yang sederhana, laporan keuangan adalah : Laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada saat ini atau dalam suatu periode tertentu.

Maksud laporan keuangan yang menunjukkan kondisi perusahaan saat ini adalah merupakan kondisi terkini. Kondisi perusahaan terkini adalah keadaan perusahaan pada tanggal tertentu (untuk neraca) dan periode tertentu (untuk laporan laba rugi). Biasanya laporan keuangan dibuat per periode, misalnya tiga bulan, atau enam bulan untuk kepentingan internal perusahaan. Sementara itu, untuk laporan lebih luas dilakukan satu tahun sekali. Disamping itu, dengan adanya laporan keuangan, dapat diketahui posisi perusahaan terkini setelah menganalisis laporan keuangan tersebut dianalisis.

Laporan keugan menggambarkan pos-pos keungan perusahaan yang diperoleh suatu periode.
Dalam praktiknya dikenal beberapa macam laporan keuangan seperti :
  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan perubahan modal
  4. Laporan catatan atas laporan keuangan
  5. Laporan kas.
Masing-masing laporan memiliki komponen keuangan tersendiri, tujuan, dan maksud tersendiri.
1. Neraca merupakan laporan yang menunjukkan jumlah aktiva (harta), Kewajiban (Utang), dan Modal perusahaan (ekuitas) perusahaan pada saat tertentu. Pembuatan neraca biasanya dibuat berdasarkan periode tertentu (tahunan). Akan tetapi, pemilik atau manajemen dapat pula meminta laporan neraca sesuai kebutuhan untuk mengetahui secara persis berapa harta, utang, dan modal yang dimilikinya pada saat tertentu. 
Dalam nerca disajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan komponen yang ada di neraca. Secara lengkap informasi yang disajikan dalam neraca melipui :
  • Jenis-jenis aktiva atau harta (assets) yang dimiliki
  • Jumlah rupiah masing-masing jenis aktiva
  • Jenis-jenis kewajiban atau utang (liabitity)
  • Jumlah rupiah masing-masing jenis kewajiban
  • Jenis-jenis modal (equity)
  • Jumlah rupiah masing-masing jenis modal
2. Laporan Laba Rug, Menunjukkan kondisi usaha dalam suatu periode tertentu. Artinya laporan laba rugi harus dibuat dalam suatu siklus operasi atau periode tertentu guna mengetahui jumlah perolehan pendapatan dan biaya yang telah dikeluarkan sehingga dapat diketahui apakah perusahaan dalam keadaan laba atau rugi.
Adapun informasi ang disajikan perusahaan dalam laporan laba rugi adalah sebagai berikut :
  • Jenis-jenis pendapatan yang diperoleh dalam suatu periode
  • Jumlah rupiah dari masing-masing jenis pendapatan
  • Jumlah keseluruhan pendapatan
  • Jenis-jenis biaya atau beban dalam suatu periode
  • Jumlah rupiah masing-masing biaya atau beban yang dikelaurkan
  • Jumlah keseluruhan biaya yang dikeluarkan
  • Hasil usaha yang diperoleh dengan mengurangi jumlah pendapatan dan biaya. Selisih ini disebut laba dan rugi.
3. Laporan Perubahan Modal, menggambarkan jumlah modal yang dimiliki perusahaan saat ini. Kemudian, laporan ini juga menunjukkan perubahan modal serta sebab-sebab berubahnya modal. 
Informasi yang diberikan dalam laporan perubaan modal meliputi :
  • Jenis-jenis dan jumlah modal yang ada saat ini
  • Jumlah rupiah tiap jenis modal
  • Jumlah rupiah modal yang berubah
  • Sebab-sebab berubahnya modal
  • Jumlah rupiah modal sesudah perubahan.
4. Laporan catatan atas laporan keuangan merupakan laporan yang dibuat berkaitan dengan laporan keuangan yang disajikan. Laporan ini memberikan informasi tnetang penjelasan yang dianggap perlu atas laporan keuangan yang ada sehingga menjadi jelas sebab penyebabnya. Tujuannya adalah agar pengguna laporan keuangan dapat memahami jelas data yang disajikan.

5. Laporan Arus Kas merupakan laporan yang menunjukkan arus kas masuk dan arus kas keluar diperusahaan. Arus kas masuk berupa pendapatan atau pinjaman dari pihak lain, sedangkan arus kas keluar merupakan biaya-biaya yang telah dikelaurkan perusahaan. Baik arus kas masuk maupun kelaur dibuat untuk periode tertentu.

Lengkap tidaknya penyajian laporan keuangan tergantung dari kondisi perusahaan dan keinginan pihak manajemen untuk menyajikannya. Di samping itu juga tergantung dari kebutuhan da tujuan perusahaan dalam memnuhi kepentingan pihak-pihak lainnya.

Sekali lagi dapat dikatakan bahwa dari laporan keuangan akan tergambar kondisi suatu perusahaan yang dapat memudahkan manajemen dalam menilai kinerja manajemen perusahaan. Penilaian kinerja akan menjadi patokan atau ukuran apakah manajemen mampu atau berhasil dalam menjalankan kebijakan yang telah digariskan.