Materi Kita - Di materi kali ini kita akan membahas dua teori dalam perubahan sosial, yang dimana di 2 macam tersebut akan kita bahas satu persatu.

Teori Utama Pola Perubahan Sosial

Perubahan sosial yang ada akan selalu mengikuti suatu pola dan arah tertentu, menurut Robert H. Lauler terdapat 2 teori utama pola perubahan sosial, yakni sebagai berikut :
a. Teori Siklus
Melihat perubahan sebagai suatu yang berulang-ulang, apa yang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan yang telah terjadi sebelumnya. Pola perubahan siklus adalah pola perubahan yang spiral.
Teori Siklus
b. Teori Perkembangan
Penganut teori ini percaya bahwa perubahan dapat di arahkan ke titik tujuan tertentu, seperti perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern yang kompleks. Teori ini dikenal dengan teori perkembangan atau linier, teori perkembangan dibagi menjadi 2 (teori evolusi dan teori revolusi).
Teori Perkembangan

Teori - teori modern mengenai perubahan sosial

a. Teori Modernisasi
Teori modernisasi melihat bahwa perubahan negara-negara terbelakang akan mengikuti jalan yang sama dengan negara industri di barat. Cara tersebut adalah melalui proses modernisasi sehingga negara terbelakang menjadi negara berkembang.
b. Teori Ketergantungan
Melihat bahwa ada ketergantungan secara ekonomi antara negara-negara dunia ketiga dan negra-negara industri. Negara-negara dunia ketiga membutuhkan pinjaman dan investasi dari negara-negara industry, ketika proses kolonialisasi dan neokolonialisasi.
c. Teori Sistem Dunia
Oleh Imanuel Maurice Wallerstein, menyatakan jikalau perekonomian kapitalis dunia tersusun atau3 jenjang, yaitu negara inti, negara semiperiferi, dan negara periferi. Kemampan yang dimiliki oleh negara inti menyebabkan negara inti menguasai sistem dunia.