Materi Kita - Ekonomi mikro dalam kerangka ilmu ekonomi. Masalah ekonomi timbul sebagai adanya berbagai jumlah dan ragam kebutuhan manusia yang sangat banyak, dan alat pemuas kebutuhan yang sangat relative dibandingkan dengan kebutuhan manusia tersebut.

Dari jaman pra sejarah sampai jaman modern saat ini belum pernah ditemukan suatu masyarakat atau suatu bangsa yang kebutuhan hidupnya telah mendapat terpenuhi seluruhnya. Dengan semakin majunya peradaban manusia, manusia itu semakin cerdas dan  semakin banyak alat capital yang mereka punya. Yang semua ini menginkatkan kemapuan mereka dalam menghasilkan barang-barang dan jasa yang selanjutnya digunakan oleh mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Akan tetapi meningkatnya kemampuan ini hampir senantiasa diikuti bahkan didahului oleh timulnya kebutuhan-kebutuhan yang baru. Peningkatan ini sedemikian pesatnya sehingga bangsa yang paling maju sekalipun masih pula merasakan keterbatasan mereka dalam memenuhi kebutuhan mereka yang semakin beragam. Menghadapi kenyataan ini maka manusia bertendensi untuk bersikap rasiona, yaitu sepanjang mereka mempunyai pilihan mereka akan memilih pilihan yang mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya dari alat pemuas kebutuhan tertentu.

Atau memilih pilihan yang menurut perhitungan mereka memerlukan korban yang paling kecil diantara pilihan-pilihan lain untuk maksud pemenuhan kebutuhan tertentu. Ilmu yang mempelajari bagaimana manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan-kebutuhannya mengadakan pemilihan di antara berbagai alternative pemakaian atas alat-alat pemuas kebutuhan yang tersediannya relative terbatas inilah yang kita sebut ilmu ekonomi pemuas atau economics.

Ekonomi Mikro Dalam Kerangka Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi dibagi dalam 3 kelompok dasar yaitu :
  • Ekonomi deskriptip : Mengumpulkan keterangan-keterangan factual yang relevan mengani sautu masalah ekonomi.
  • Teori Ekonomi : Bisa disebut economy theory atau economic principal, yang terbagi lagi atas 2 kelompok besar yaitu teori akuntansi mikro dan teori ekonomi makro yang tugasnya menerangkan secara umum perilaku sistem perekonomian. Bila materi pembahsaannya tentang pelaku-pelaku ekonomi yang berada dalam sistem perekomian, maka masuk kateogry teori ekonomi mikro, sedangkan bila pembahasan tentang mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan maka akan masuk pada kategori ekonomi makro.
  • Ekonomi Terapan : Menggunakan hasil-hasil pemikiran yang terkumpul dalam teori ekonomi untuk menerangkan keterangan-keterangan yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif. Dengan menggunakan kerangka penggolongan ilmu ekonomi tersebut dapatlah dikatakan bahwa materi yang disajikan dalam bahasan ini kalau dilihat isinya dapat dimasukkan ke dalam kelompok teori ekonom mikro, yang lazim disebut teori harga atau price teori atau ekonomi mikro atau micro economic.
Sekian dulu materi kali ini, semoga apa yang admin tulis bisa berguna untuk teman-teman.