Materi Kita - Sosiologi memiliki 2 (dua) konsep dasar, yaitu Sosiologi ilmu pengetahuan dan  Sosiologi sebagai metode. Sebagai ilmu berarti sosiologi merupakan kumpulan pengetahuan mengenai kajian masyarakat dan kebudayaan yang disusun secara sistematis dan logis. Sebagai metode berarti sosiologi merupakan cara-cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Sosiologi berasal dari kata socios (dalam bahasa latin = teman) dan logos (dalam bahasa yunani = kata / pembicaraan). Jadi secara harfiah, sosiologi berarti berbicara mengenai masyarakat

Ada beberapa definisi sosiologi menurut para ahli :

  • Augustie Comte berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia sebagai makhluk hidup yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya. Jadi, Sosiologi mempelajri segal aspek kehidupan bersama yang terwujud dalam asosiasi, lembaga-lembaga, dan peradaban.
  • William F. Ogburn dan  Meyer F. Nimkoff mengemukakan bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial, dan hasilnya yaitu organisasi sosial.
  • Roucek dan Warren mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dalam kelompok.
  • J.A.A Van Doorn dan C.J. Lammars mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
  • Selo Soemardji dan Soelaiman Soemardi menyatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses sosial, dan perubahan sosial.