Materi Kita - Objek Studi Sosiologi adalah masyarakat, dengan menyoroti hubungan antar manusia dan proses sebab-sebab yang timbul dari hubungan tersebut. Selain itu, sosiologi dikaji dengan perspektif lingkungan. Dalam perspektif tersebut, secara kolektif dapat dikategorikan dalam 3 (tiga) tahapan sosiologi, yaitu :

  • Sifat dasar dan perkembangan manusia
  • Interaksi manusia dan hubungannya
  • Penyesuaian secara bersama dengan lingkungan.
Jadi dalam sosiologi juga terdapat kajian ekologi manusia. Ekologi manusia merupakan studi terhadap bagaimana manusia berinteraksi dengan alam bukan sebagai makhluk biologi, tetapi sebagai makhluk sosial.

Kegunanaan Sosiologi 
Sebagai ilmu pengetahuan yang objeknya masyarakat, sosiologi mempunyai 4 (empat) macam kegunaan, yaitu sebagai berikut :

a. Perencanaan Sosial

Perencanaan sosial adalah kegiatan untuk mempersiapkan masa depan kehidupan masyarakat secara ilmiah dan bertujuan untuk mengatasi berbagai hambatan. Perencanaan sosial bersifat preventif.

b. Penelitian

Dalam bidang penelitian masyarakat, sosiologi memiliki kelebihan dibandingkan ilmu-ilmu yang lain karena :
  • Memahami simbol kata-kata, kode, serta berbagai istilah yang digunakan oleh masyarakat sebagai objek penelitian empiris.
  • Pemaham terhadap pola-pola tingkat laku manusia dalam masyarakat.
  • Kemampuan untuk mempertimbangkan berbagai fenomena sosial yang timbul dalam kehidupan masyarakat, terlepas dari prasangka-prasangka subjektif.
  • Kemampuan melihat kecendrungan - kecendrungan arah perubahan pola tingkat anggota masyarakat atas sebab-sebab tertentu.
  • Kehati-hatian dalam menjaga pemikiran yang rasional  sehingga tidak terjebak dalam pola pikir yang tidak jelas

c. Pembangunan

Pembangunan merupakan suatu proses perubahan di segala bidang kehidupan yang dilakukan secara sengaja berdasarkan suatu rencana tertentu. Proses pembangunan terutama ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup rakyat, baik secara material maupun secara spiritual.

Dalam usaha-usaha pembangunan, sosiologi berguna dalam mengadakan indetifikasi berbagai kebutuhan masyarakat. Kemudian selanjutnya sosiologi berguna dalam mengidentifikasi kekuatan dalam masyarakat, hal itu dapat dilakukan dengan cara mengadakan penelitian terhadap pola-pola kekuasaan dan wewenang yang ada dalam masyarakat. Dalam tahap evaluasi, diadakan analisis terhadap efek pembangunan. Kerena keberhasilan suatu pembangunan hanya dapat dinilai melalui evaluasi dan dapat diidentifikasi tentang adanya kekuarangan, kemacetan, kemunduruan bahkan mungkin kemorosotan.

d. Pemecahan masalah sosial

Masalah sosial adalah suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur sosial yang membahayakan kehidupan masyarakat. Sosiologi menyelidiki persoalan-persoalan umum dalam masyarakat dengan maksud untuk menemukan dan menafsirkan kenyataan-kenyataan kehidupan kemasyarakatan.